G
N
I
D
A
O
L

Idul Adha 2022, Ustaz Umar: “ 3 Makna Dalam Berqurban”

ibnuabbasklaten.com-Dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Adha 1443 H PPTQ Ibnu Abbas Klaten menyelenggarakan beberapa kegiatan, Jum’at-Minggu, (8-10/7/2022).

Beberapa kegiatan itu meliputi Kajian Fiqih Arafah, Event Language Party, Sholat Idul Adha, Pemotongan Hewan, dan yang terakhir Acara Nyate Santri. Kegiatan itu dilaksanakan di Kampus 1 Belangwetan dan Kampus 2 Troso.

Serangkaian acara ini diawali dengan Kajian Fiqih Arafah yang dilaksanakan pada jum’at pagi. Untuk di Kampus 1 Belangwetan yang mengisi adalah Ustaz Muhammad Riezky Pradana Mukhtar, Lc. Dalam kajiannya Ustaz Riezky membahas fiqih tentang bagaimana cara kita mengamalkan amalan amalan yang luar biasa dibulan Dzulhijjah, seperti tips menyembelih hewan qurban, tips sholat Idul Adha, serta tanya jawab seputar fiqih Idul adha yang dikemas menjadi suatu Materi yang menarik dan lucu sehingga santriwati tidak merasa bosan. Selain itu terdapat event Language Party yang diselenggarakan oleh Kaderisasi OSIA tahun 2022 yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan santriwati dibidang bahasa. Pembukaan Language Party 12 ini dilaksanakan pada malam hari (8/7) yang disambut antusias oleh seluruh santriwati PPTQ Ibnu Abbas.

Allah berfirman dalam surat Al Hajj ayat 37 yang mempunyai arti “Daging (hewan kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketakwaan kamu. Demikianlah Dia menundukkannya untukmu agar kamu mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepadamu. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.”

Ayat ini memberi tuntunan kepada kita apabila akan berqurban harus murni karena Allah semata, bukan karena sombong atau gengsi. Kemudian yang kedua adalah qurban/jihad dengan jiwa seperti para Mujahidin, jika dipesantren mungkin tenaga kerja disitu bisa dikatakan sebagai qurban dengan jiwa, karena dengan inilah kita berinvestasi akhirat jika kekurangan rizqi berupa harta untuk dikurbankan. Jangan coba-coba meremehkan jihad bin nafs, karena Rasulullah saja sangatlah mengapresiasi hal ini, buktikan beliau sampai rela mendatangi makam seorang perempuan marbot masjid pada waktu itu ketika beliau menerima berita kewafatannya. Lalu yang terakhir adalah kurban dengan harta dan jiwa.

Pesan singkat diatas tersampaikan juga pada isi khutbah Peringatan Idul Adha di PPTQ Ibnu Abbas Klaten Kampus 1 Belangwetan yang dipimpin langsung oleh Ustaz Dr. Umarulfaruq Abubakar, Lc., M.HI.

Setelah Sholat Idul Adha, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan hewan. Tahun ini PPTQ Ibnu Abbas Klaten menyembelih 5 ekor sapi dan 22 ekor kambing. Semua disembelih di Kampus 2 Troso.

Rangkaian acara terakhir (10/7) adalah ” Nyate Bersama” acara tampak seru karena keakraban antara satu santri dengan yang lainnya. Pada malam hari ditutup dengan penutupan Language Party 12, penutupan ini sekaligus penutupan serangkaian kegiatan santriwati Ibnu Abbas dalam menyambut hari raya Idul Adha.

Untuk dokumentasinya silahkan ke social media kami. (Lu’lu dan Najwa ‘Azima/Ust Raihan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *