G
N
I
D
A
O
L

Kuttab Ibnu Abbas Gelar Mukhayyam Tarbawi di Umbul Siblarak

ibnuabbasklaten.com- Kuttab Ibnu Abbas Klaten kembali mengelar Mukhayyam Tarbawi di Umbul Silabrak, Polanharjo, Kabupaten Klaten. Kegiatan tersebut digelar selama dua hari dari 26 dan 27 Mei 2022.

Mengusung tema “Tafkur Alam Untuk Menguatkan  Keimanan dan Kemandirian”, Kegiatan ini  bertujuan untuk mentafakur  alam sekitar dengan keimanan, menambah wawasan, melatih fisik dan kemandirian para santri. Sehingga dengan itu semua diharapkan para santri bisa menjadi pemimpin teladan di masa depan.

Kegiatan Mukhayyam ini diikuti oleh 54 santri yang berasal dari 3 kelas Kuttab Ibnu Abbas Klaten. Terdiri dari Pararel 3 Alif, 3 Ba’, 3 Jim, dan 3 Dal.

Dalam Upacara Pembukaan, Ustaz Faqihuddin, selaku Ketua Panitia berpesan santri agar mereka bersungguh-sungguh dan selalu bersemangat mengikuti setiap kegiatan yang telah diagendakan dalam Mukhayyam tarbawi ini agar mental dan fisik mereka benar-benar terlatih dan pengalam kemandirian.

Ustaz Faqih menambahkan bahwa pemimpin teladan adalah Al-Qowwiyu Al-Amin, yakni orang yang kuat dan dapat dipercaya dalam memegang amanah. Oleh karena itu para santri harus berlatih untuk memegang amanah kepemimpinan dengan sungguh-sungguh.

Ada banyak kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta Mukhayyam. Di antaranya adalah mendirikan tenda, memasak, game kekompakan, lomba perkelompok, renang di kolam, tadabbur malam, long march, shalat berjamaah, tilawah al Qur’an dan lain-lain.

Para santri sangat antusias dan bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan Mukhayyam Jasady hingga selesai meski sempat  hujan yang cukup deras.

Terakhir, kegiatan Mukhayyam Jasady ini diakhiri dengan upacara penutupan yang berlangsung dengan khidmat sebagaimana upacara pembukaan.

Kontributor : Ust Ariyanto, S.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *