PROFILE SMAIT IBNU ABBAS KLATEN

SMAIT Ibnu Abbas Klaten adalah sekolah Islam yang diselenggarakan dengan memadukan secara integratif nilai dan ajaran Islam dalam bangunan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran yang efektif dan pelibatan kooperatif antara guru dan orang tua serta masyarakat untuk membina karakter dan kompetensi peserta didik. Unsur dari karakteristik tersebut meliputi hal – hal berikut :

  1. Menjadikan Islam sebagai landasan filosofis.
  2. Mengintegrasikan nilai Islam ke dalam bangunan kurikulum.
  3. Menerapkan dan mengembangkan metode pembelajaran untuk mencapai optimalisasi proses belajar mengajar.
  4. Mengedepankan keteladanan dalam membentuk karakter peserta didik.
  5. Menumbuhkan atmosfir kebaikan dalam iklim dan lingkungan sekolah termasuk menumbuhkan kemaslahatan dan meniadakan kemaksiatan.
  6. Melibatkan peran serta orang tua dan masyarakat dalam mendukung ercapainya tujuan pendidikan.
  7. Mengutamakan nilai persaudaraan dalam semua interaksi antar warga sekolah.
  8. Membangun budaya rawat resik, rapi, runut, ringkas, sehat dan asri.
  9. Menjamin seluruh proses kegiatan sekolah untuk berorientasi pada peningkatan mutu.
  10. Menumbuhkan budaya profesionalisme yang tinggi di kalangan tenaga kependidikan

SMAIT Ibnu Abbas Klaten beralamat kantor pusat sekaligus merupakan komplek putri di Jalan Raya Klaten-Solo Km 4 Belang Wetan, Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan untuk komplek putra berlamat di Kampus 2 di Dukuh Troso, Desa Barepan, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. SMAIT Ibnu Abbas Klaten merupakan lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Ibnu Abbas Klaten dan berdiri sejak tahun pelajaran 2012/2013.  Siswa SMAIT Ibnu Abbas Klaten adalah santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Ibnu Abbas Klaten (PPTQ Ibnu Abbas Klaten) pada jenjang SMA, karena secara filosofi pendidikan menganut pola santri Pondok Pesantren yang bersekolah di jenjang formal pendidikan, baik jenjang SMP maupun SMA. Dengan demikian, maka semua siswa, baik siswa SMP dan SMA wajib dan harus tinggal di asrama pesantren .

Ada tiga pilar pendidikan dalam proses pendidikan di SMAIT Ibnu Abbas Klaten, yaitu pilar akademik, pilar tahfidz al Qur’an dan pilar akhlak. Pilar akademik adalah penguasaan siswa terhadap semua mata pelajaran baik seluruh mata pelajaran dalam struktur kurikulum 2013 dan mata pelajaran khusus yang dikembangkan PPTQ Ibnu Abbas Klaten. Pilar Tahfidz adalah penguasaan dan ketrampilan siswa untuk menguasai hafalan al Qur’an minimal 15 juz selama proses pendidikan di SMAIT Ibnu Abbas Klaten. Sedangkan pilar akhlak adalah sikap, budi pekerti dan perilaku siswa yang baik dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun pesantren.

SMAIT Ibnu Abbas Klaten termasuk salah satu sekolah yang menjadi sasaran implementasi Sekolah Zonasi dan Sekolah Model SPMI yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan. Adapun model pelaksanaanya sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan yang diatur dari dinas pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *