G
N
I
D
A
O
L

Crew PH Ibaska TV Berlatih Teknik Broadcasting di ADi TV Yogyakarta

ibnuabbasklaten.com- Crew Production House (PH) Ibaska TV Angkatan 1 melaksanakan Workshop Brodcasting di ADi TV, Yogyakarta, Ahad, (12/12/2021).

“Workshop ini diadakan untuk memberikan ilmu tentang produksi dan teknik dasar broadcasting TV sekaligus sebagai bentuk apresiasi atas karya podcast mereka dalam 1 periode,” ujar Executive Producer Ibaska TV, Ustaz Riki Purnomo, S.Sos., dalam sambutannya.

Kepala Divisi Edukasi ADi TV, Geranimo Adhyawan Wiryadimaja, S.I.Kom. MA., menyambut hangat kedatangan crew Ibaska TV. Ia menjelaskan sejarah awal berdirinya ADi TV di bawah PT. Arah Dunia Televisi.
“ ADi TV berawal dari peringatan seabad Muhammadiyah pada tahun 2009”, ucap beliau.

Workshop Broadcasting ini dimulai dengan topik “Menjadi Presenter” yang dibawakan oleh Mas Nimo. Pada topik ini crew Ibaska TV diajarkan bagaimana cara membawakan berita, acara resmi, dan forum yang tidak resmi.

Kemudian crew Ibaska TV diajak oleh mas Nimo ke Ruangan penyiaran berita. Ruangan yang berisikan perangkat teknis utama dalam produksi berita dengan konsep green screen dan teknik virtual set.

Workshop dilanjutkan dengan topik “Reportase” yang dibawakan oleh Kak Dissy Aulia. Teman-teman crew Ibaska TV diajarkan menjadi reporter mulai dari teori hingga praktik.

Selepas itu crew Ibaska TV diajak ke ruangan control studio utama ADi TV di ruangan tersebut disambut oleh Mas Salim dan Mas Andri. Mereka yang membimbing dan mengenalkan beragam tentang lighting, stage dan camera yang berada di Studio Utama. Kami pun ditantang untuk membuat simulasi acara dialog khusus.

Kemudian, cara Workshop Broadcasting ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto Bersama. Selepas pelatihan selama 240 menit tersebut, Crew PH Ibaska TV langsung kembali ke pondok untuk melakukan aktivitas seperti biasanya.

[Reporter : Raihan Z.J]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *