G
N
I
D
A
O
L

Memaknai Hari Santri, PPTQ Ibnu Abbas Menggelar Khataman Al Qur’an

ibnuabbasklaten.com– dalam memaknai hari santri,  Kesantrian PPTQ IbnuAbbas Klaten menggelar kegiatan Khataman Al-Qur’an, Kajian Umum Sirah Nabawi, dan Pelatihan Pengurusan Perawatan Jenazah, Jum’at, (22/10/2021)

Kepala Kesantrian Putra, Ustaz Rahmat Zubair, S.Pd.I, dalam sambutanya mengatakan, setiap santri harus menyambutnya dengan menghadirkan nilai-nilai luhur dalam islam dan mengobarkan

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh santri SMP dan SMA.Kegiatan pertama yaitu khataman Al Qur’an. Hal ini menjadi prioritas utama sebab fakor kebangkitan kaum muslimin sebagai bangsa sangat dipengaruhi oleh ukuran sedekat apa mereka dengan kitabullah. Alquran adalah penghubung yang paling kuat antara seorang hamba kepada Rabb-Nya. Tidak akan ada lagi kekuatan yang mampu menumbangkan suatu kaum atau bangsa ketika mereka selalu terhubung oleh yang maha kuasa.

 

Selain Khataman Al-Qur’an, santri Ibnu Bbbas juga dibekali dengan penyegaran dan penguatan rohani berupa kajian umum tentang sirah nabawi. Kegiatan ini selain menjadi ekspresi kebahagiaan dan kebanggaan dalam rangka memperingati maulid bagina Nabi Muhammad SAW, juga memacu semangat diri sebagai santri akan kemuliaan dan perjuangan hidup sang suri tauladan. Sebab santri butuh model yang ideal untuk dijadikan rujukan asasi dalam rangka mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik dengan mengedepankan adab dan akhlaq mulia. Dengan kata lain menjiwai makna santri juga berarti mengoptimalkan rasa syukur dengan menggali potensi diri menuju kepribadian islami sebagaimana dicontohkan oleh baginda nabi. Tentunya ini juga selaras dengan cita-cita bangsa untuk mewujudkan kemanusiaan yang adil dan beradab.

Acara ditutup dengan pelatihan pengurusan dan perawatan jenazah. Alasan memilih menyelenggarakan agenda ini karena kegiatan ini juga sangat kuat kaitannya dengan misi dalam menyumbangkan kontribusi nyata dan kesiapan santri untuk terjun di masyarakat. Harapannya, santri memiliki bekal matang dalam memahamkan dan membantu masyarakat dalam hal muamalah khususnya pengurusan jenazah. Mulai dari belajar memandikan, mengkafani, menyolatkan hingga menghantarkan jenazah ke maqbarah. [Humas Media : Raihan Z.J]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *