G
N
I
D
A
O
L

SMPIT Ibnu Abbas Klaten Terima Studi Banding FK MTs Swasta Boyolali

Klaten—Forum Komunikasi Madrasah Tsanawiah (FK-MTs) Swasta Boyolali melakukan studi banding ke SMPIT Ibnu Abbas Klaten, Selasa, (8/5/2018).

Rombongan sebanyak 25  kepala madrasah ini dipimpin langsung oleh Ketua FK MTs Swasta Boyolali, Ustaz Khusroni, S.Ag. Mereka disambut dengan hangat oleh Kepala SMPIT Ibnu Abbas Klaten, Ustaz Achmad Budiarto, S.Pd. beserta tim asatidzah,  di Aula Lantai 2 Masjid Ibnu Abbas.

“Kami ucapkan selamat datang di lingkungan PPTQ Ibnu Abbas Klaten. Semoga silaturahmi ini mendapatkan keberkahan Allah. Dan kita bisa berbagi sekaligus berkoordinasi sesama sekolah swasta,” ujar Ustaz Achmad.

Sementara itu, Ketua FK MTs Swasta Boyolali, Ustaz Khusroni, S.Ag., menyampaikan maksud dan tujuan studi banding di SMPIT Ibnu Abbas Klatan. Dikatakan, sebenarnya anggota FK MTs Swasta di Boyolali ada 33 madrasah, namun yang bisa hadir hari ini baru 25 saja.

“Lewat studi banding ini, kami merasa ingin menambah ilmu untuk pengembangan madarasah,” paparnya.

Untuk itu, pihaknya berharap agar SMPIT Ibnu Abbas Klaten menularkan ilmu secara maksimal terkait pengembangan sekolah. Dari ilmu tersebut sehingga bisa diterapkan di MTs Swasta se Boyolali.

Suasana studi banding dari FK MTs Swasta Boyolali, di Aula Masjid Ibnu Abbas Kalten, Selasa, (8/5/2018)

Turut hadir Sekretaris PPTQ Ibnu Abbas Klaten, Ustaz Umarulfaruq Abubakar, Lc., M.H.I., menjelaskan sekilas tentang Ibnu Abbas Klaten mulai dari pilar pendidikan hingga sistem pembelajaran Al-Qur’an.

“Kami memiliki 3 pilar pendidikan yakni  akademik, tahfidz, dan akhlak. Setiap pilar dikelola oleh unit tersendiri dan saling berintegrasi,” paparnya.

Soal kegiatan tahfidz, dalam sehari santri melakukan halaqah selama 4 kali. Di mulai bakda shubuh setoran hafalan baru, bakda ashar mengulangi hafalan sebelumnya, bakda magrib tahsin, dan bakda isya persiapan hafalan baru.

Kemudian usai penjelasan dari ustaz Umar dilanjutkan tanya jawab dari para peserta studi banding. Mereka menanyakan seputar sistem pendanaan, manajemen sumber daya manusia, alumni, pembagian pembinanaan setiap unit, dan manajemen tahfidz Al-Qur’an. Acara ini diakhiri dengan penyerahan cenderamata dan foto bersama.(RK)

Rombongan FK MTs Swasta Boyolali foto bersama usai materi studi banding, di depan Sekretariat PPTQ Ibnu Abbas Kalten, Selasa, (8/5/2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *