G
N
I
D
A
O
L

41 Peserta Ikuti Tes Seleksi Calon Mahasantri Ma’had ‘Aly Ibnu Abbas

Klaten—Ma’had ‘Aly Ibnu Abbas Klaten mengadakan tes seleksi gelombang pertama bagi calon mahasantri tahun ajaran 2018/2019, di Perpustakaan Ibnu Abbas Putri, Selasa, (1/5/2018).

“Ada 41 peserta yang mengikuti tes seleksi ini,” ujar Ketua Pelaksana Ma’had ‘Aly Ibnu Abbas Klaten, Ustaz Iskandar Dzulkurnain, Lc.

Menurutnya, angkatan tahun ini mahasantri Ma’had ‘Aly Ibnu Abbas hanya dikhususkan untuk akhwat dengan kuota 25 orang. Sebab,  infrastruktur pondok masih belum memungkinkan untuk menerima mahasantri ihwan.

“Insya Allah ke depan kalau infrastuktur siap, kami bakal menerima calon mahasantri ihwan,” terangnya.

Peserta pada tes seleksi ini berasal dari berbagai daerah, baik Jawa maupun luar Jawa. Tahapan seleksinya, yakni tes tulis Bahasa Arab, kemampuan menghahafal, dan wawancara.

Dijelaskan, bila pada gelombang pertama ini calon mahasantri yang lolos seleksi belum memenuhi kuota maka dibuka gelombang ke dua.

Bagi yang dinyatakan lolos, Ustaz Iskandar berharap, agar mereka siap menjadi mujahidah intelektual yang hafizah. Selain itu dapat menyelesaikan problematika keumatan serta dapat menyimpulkan hukum agama dengan dalil.

“Di sini (Ma’had ‘Aly Ibnu Abbas ), mereka kami berikan pondasi agar bisa beristinbath dalam menyimpulkan hukum agama dengan dalil, sehingga tidak taqlid,” pungkasnya.(RK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *