G
N
I
D
A
O
L

Santri Putri SMAIT Ibaska Dilatih Kenali Obat Lewat Apoteker Mengajar

kKlaten—Seluruh santri putri SMAIT Ibnu Abbas Klaten (Ibaska) mengikuti kegiatan Apoteker Mengajar yang diselenggarakan oleh Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Klaten, di Masjid Ibaska Putri, Senin, (30/4/2018).

Pada kesempatan ini hadir sebagai pembicara yakni anggota IAI Klaten Ira Raismawati, S.Farm., Apt. dan anggota bidang hukum dan etik IAI Klatek, Diamanta Vion Devona, S.Farm., Apt.

“Ini kegiatan serentak seluruh Jawa Tengah kerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI,” ujar Ira, pemilik Apotek Ira Farma Wonosari.

Suasana penyampaian materi dari IAI Cabang Klaten tentang cara penggunaan obat, di Masjid Ibaska Putri, Senin, (30/4/2018)

Menurut Ira, tujuan kegiatan ini untuk sosialisasi ke masyarakat tentang cara penggunaan obat yang tepat. Untuk itu, acara ini bertajuk gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (Gema Cermat).

“Terkadang orang tidak memahami cara pengunaan obat. Misal zaman dulu, ketika sakit flu dikasih antibiotik. Seharusnya, dikasih obat yang berkaitan dengan sakitnya dan ditambah sistem imun,” ujar Ira.

Fot bersama anggota IAI Cabang Klaten dengan Santri Putri SMAIT Ibnu Abbas Klaten usai acara Apoteker Mengajar, di Masjid Ibaska Putri, Senin, (30/4/2018)

Sementara itu, Devona menambahkan, selain tentang cara penggunaan obat para santri juga diberikan pengetahuan mengenai jenis-jenis obat. Di antaranya ada obat keras dan narkotika.

“Di awal kami kenalkan tentang apoketer, kemudian mengenal berbagai jenis obat dan cara penyimpanan,” jelasnya.

Dari acara tersebut diharapkan para santri mengetahui segala macam jeni obat dan cara penggunaannya. Lebih dari itu, mereka juga harus memahami indikasi, aturan pakai dan tanggal kadaluarsa.(RK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *