G
N
I
D
A
O
L

Tingkatkan Pribadi Berkualitas, Santri Ibaska Diminta Bangun Habits Positif

Klaten—Pakar akhir zaman, Ustaz Abu Fatiah Al Adnani menyampaikan kajian bertajuk menjadi pribadi yang berkualitas di Gedung Timur PPTQ Ibnu Abbas Klaten (Ibaska) Putri, Senin, (23/4/2018).

Acara ini diikuti seluruh santri putri mulai kelas 7 hingga mahasantri Ma’had ‘Aly Ibnu Abbas Klaten.

“Manusia itu makhluk pembiasa, pun bisa sukses karena terbiasa. Pada hakikatnya tidak ada manusia super, yang dada orang terbiasa dan menjadi luar biasa,” ungkapnya.

Menurutnya, apapun yang menjadi kebiasaan setiap manusia, bila belum pernah dilihat dan dilakukan orang lain, bakal menjadi luar biasa. Sederhananya, manusia itu gabungan dari habits (kebiasaan) yang ada pada dirinya.

“Dan habits itulah penentu nilai pribadi kita di mata orang lain,” jelasnya.

Dijelaskan, membentuk habits sangatlah simpel cukup dengan dua hal saja,  praktik/latihan dan pengulangan. Misal seorang santri ditunjuk membaca kitab arab yang tak berharakat dan membaca al-Fatihah tanpa harakat. Pasti mereka akan kesusahan membaca kitab tersebut tapi mudah dalam membaca al-Fatihah, meski tanpa harakat.

“Hal itu karena santri tersebut sudah terbiasa membaca al-Fatihah. Jadi menurut dia (santri) itu hal biasa dan mudah,” paparnya.

“Itulah kebiasaan, apapun itu jika kita biasakan pasti semua terasa mudah. Maka sibukan diri kita untuk membangun kebiasaan yang efektif dan positif,” imbuhnya. (NM/RK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *