G
N
I
D
A
O
L

Lestarikan Sunnah, Santri Putra PPTQ Ibnu Abbas Dilatih Bekam

Klaten—Unit Kesantrian Putra PPTQ Ibnu Abbas Klaten mengadakan pelatihan bekam bagi santri sebagai bentuk melestarikan sunnah pengobatan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Pelatihan ini  diadakan dua tahap, yakni pada 12 April 2018 dan 17 April 2018. Peserta tahap pertama,  wajib untuk kelas 10 dan 11 dan tahap keduanya bagi  santri yang berminat.

“Selain sunnah, bekam ini juga bisa memberikan bekal pada santri agar bemanfaat di lingkungan sekitar,”  ujar Kepala Unit Kesantrian Putra Ibnu Abbas, Ustaz Wulan Pintoko, B.Ed.

Pada pelatihan ini, PPTQ Ibnu Abbas menghadirkan tiga pelatih bekam. Ketiganya yakni Ustaz Suparman, Ustaz Anwar Purwanto, dan Ustaz Tri Yunanto, yang berasal dari Klaten.

Para santri tidak hanya diberikan materi seputar bekam. Lebih dari itu mereka juga diberikan contoh cara bekam yang benar dan langsung melakukan praktek.

“Lewat pelatihan ini santri juga ditanamkan rasa kepedulian untuk menjaga kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, imbuh Ustad Wulan, santri alumni pelatihan bekam akan diterjunkan langsung ke masyarakat melalui baksos bersama pelatih. Hal ini dimaksudkan untuk menambah jam terbang mereka, agar makin terlatih menguasai bekam dan peduli terhadap lingkungan sekitar.(RK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *