G
N
I
D
A
O
L

Jelang UNBK, Ini Persiapan SMPIT Ibnu Abbas Klaten

New.ibnu-abbas.com, Klaten—Pelaksanan Uijan Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTs akan berlangsung pada 23-26 April 2018 mendatang. Berbagai persiapan matang sudah dilakukan SMPIT Ibnu Abbas Klaten untuk menghadapi UNBK.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala SMPIT Ibnu Abbas Klaten, Ustaz Achmad Budiarto, SPd., Selasa, (20/3/2018). Menurutnya, hingga saat ini pihaknya sudah melakukan berbagai pembinaan dan pelatihan untuk para siswa agar siap menghadapi UNBK.

“Persiapan UNBK ini sudah mulai sejak Oktober 2017 lalu. Hal itu dimulai dengan pre-test, training motivasi hingga pelaksanaan tryout Ujian Nasional (UN),”ungkapnya.

Menurutnya, pelakasanaan tryout  UN di SMPIT Ibnu Abbas Klaten ada dua yang wajib diikuti siswa yakni internal dan eksternal. Tryout  internal dilaksanakan selama 4 kali dan tryout eksternal 3 kali.

“Kalau tryout eksternal dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT), Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, dan Musyarawah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP/MTs Klaten,” paparnya.

Ustaz Achmad mengungkapkan dari hasil tryout UN yang diikuti siswa, sudah menunjukkan peningkatan yang lebih baik. Pihaknya juga memberikan pendampingan atau les tambahan untuk siswa, agar semakin percaya diri dan siap dalam UNBK nanti.

“Terkait persiapan sistem UNBK, sudah dilakukan simulasi  dan sampai hari ini semua berjalan lancar,” paparnya.

Lihat juga :

https://new.ibnu-abbas.com/2018/03/20/hasil-tryout-un-jsit-dirilis-smpit-ibnu-abbas-klaten-raih-peringkat-2-nasional/

Dijelaskan, sebelum pelaksanaan UNBK tentu siswa akan mengikuti Ujian Sekolah Bebasis Nasional (USBN) pada 9-16 April 2018. Selain lulus dalam akademik, siswa juga harus hafal Alquran minimal 6 Juz.

“Hafal Alquran 6 Juz ini target yang harus dipenuhi setiap siswa. Dan itu juga diuji oleh para ustaz dan ustazah,” ungkapnya.

Ustaz Achmad menambahkan pada pelaksanaan UN tahun lalu SMPIT Ibnu Abbas Klaten mendapatkan posisi ke dua se Kabupaten Klaten. Untuk itu, semoga UN tahun ini semakin lebih baik  minimal mampu mempertahankan prestasi yang sama.(RK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *